Archive for the 'hackintosh' Category

Install MAC OSX86 Leopard 10.5.1

Akhirnya sempet juga cerita sedikit pengalaman instalasi MAC di Laptop, walaupun agak telat. Sebelumnya juga sudah cerita tentang update ke 10.5.2. Setelah nunggu kiriman DVD yang sempet tertunda-tunda pesennya. Terus dilanjut dengan curi-curi waktu buat mulai ngoprek ni DVD di laptop.

Sebagai referensi aja, percobaan install pertama dilakuin di laptop HP 520 yang punya spesifikasi berikut:
Processor Intel Core Duo T2050 1.6 GHz codename Yonah (MMX, SSE, SSE2, SSE3) L2 Cache 2 MB
Chipset Intel Calistoga-G i945GM southbridge 82801GHM ICH7
RAM 1,5 GB
VGA Intel GMA 950 display 1280×800
HDD 80 GB SATA
Network Adapter Intel PRO/100 VE Network Connection
Wireless Intel PRO/Wireless 3945ABG
Sound Conexant HDA

cpu-z
Dari sekian versi , satu-satunya ‘distro’ yang saya pilih adalah dari Kalyway 10.5.1. Saat percobaan pertama instalasi pada awalnya kelihatan lancar. Dari mulai boot yang sangat lama, pemilihan partisi dan format file system. Dan terakhir pilihan parameter instalasi. Setelah tombol start diklik, mulailah proses install. Skip aja saat proses verify disk.

Tetapi instalasi berhenti pada persen ke 17. Setelah ditunggu agak lama tetep aja stuck pada posisi itu. Terpaksa del laptop direset, ulang lagi dari awal. Kali ini proses berhenti saat booting, belum sempat masuk tampilan instalasi, selalu kernel panic. Dicoba lagi… dan lagi hasilnya gak ada perubahan. Sampai akhirnya nemuin kuncinya: boot dengan parameter cpus=1 untuk mematikan fitur dual core prosesor. Ternyata Intel Core Duo masih belum didukung. Daripada dinonaktifkan dari BIOS, mending lewat boot parameter tersebut. Setting BIOS sama sekali nggak diutak-atik, karena memang nggak ada yang bisa diubah. Hanya setting SATA Native Mode yang tetap pada posisi disabled.

Continue reading ‘Install MAC OSX86 Leopard 10.5.1′

Kalyway 10.5.2 Update

Silakan segera update osx86 anda ke 10.5.2. Bisa dengan cara pertama: download combo update dari Apple, lalu install dengan petunjuk dari netkas. Atau dengan cara kedua — seperti yang aku lakuin — menggunakan paket update dari Kalyway.

Silakan download via torrent combo update 10.5.2 versi Kalyway yang sudah dihack. Jangan lupa juga download kernel 9.2.0 kalyway dari torrent atau dari sini. Nggak perlu backup kext penting lagi karena kernel dan beberapa kext penting nggak akan di replace.

kext 10.5.1

Jika diekstrak, paket combo update kalyway sudah menyimpan beberapa kext penting. Biarin aja. Install KalywayUpdCombo10.5.2.pkg. Waktu aku install sempet berhenti di 97%. Force Quit trus ulangin lagi dech. Kali ini sukses :D . Kalo dah selesai jangan langsung restart.

Giliran kalyway_10.5.2_kernels.mpkg diinstall. Aku pilih opsi vanilla kernel, EFI 9.2. Setelah selesai klik Restart. Umumnya PC akan restart sekali lagi sebelum masuk ke system, normal aja. Selesai deh updatenya. Hal pertama yang ku perhatiin adalah time zone dah normal. Sebelumnya, kalo pake time zone Indonesia malah kecepeten 7 jam hehehe…. Ternyata masih sama aja :D maap tipuan mata, terpaksa deh timezone pake GMT :(

Leopard 10.5.2

Leopard 10.5.2 profileLeopard 10.5.2 profile

Core Duo dan OSX86 10.5.2

Sama seperti saat instal Kalyway 10.5.1 (kernel Darwin 9.1.0), setelah update ke 10.5.2 (kernel 9.2.0) ternyata juga masih belum mendukung Intel Core Duo. Sedikit bedanya, kalo sebelumnya selalu crash sejak booting — belum sempat lihat tampilan login. Setelah update, beberapa kali test booting sukses login dan sempat buka beberapa aplikasi. Tapi selalu hang… hihihi….. Ya sudah… dual core nya di-disable lagi aja deh :(

Spesifikasi Laptop HP 520 :

Intel Core Duo T2050 (Yonah) 1,6 GHz
RAM 1,5 GByte
Motherboard chipset Intel i945GM, ICH7

cpu-z

Tags: , ,

Finally: My Leopard

Akhirnya setelah seharian struggling nginstall MAC OSX, powerd by ‘distro’ Kalyway 10.5.1 :D berhasil juga diinstal di laptop minimalis HP 520.

Leopard system

leoapard system profile

leoaprd screenshot

Tapi perjuangan masih belum selesai. System Leopard di laptop belum stabil, core duo nya belum jalan, sound driver juga belum keinstal. Yang penting step pertama dah selesai dulu dech :D