-
Panaskan mesin sampai suhu normal (kipas radiator nyala), segera matikan mesin
-
Buka filter udara beserta rumahnya.
-
Semprotkan engine conditioner (jenis foam) ke mulut karbu sampai penuh (saya biasa pake merk Taiho – menurut pak dokter merk paling ok: Taiho dan DCS). Kalo kondisi karburator kotor foam akan berubah warna menjadi kecoklatan seperti capuchino 😀
-
Copot kabel busi dari koil ke distributor. Tutup konektor koil agar nggak terjadi loncatan listrik.
-
Start mesin 2-3kali agar semua foam masuk kedalam ruang intake dan ruang bakar.
-
Ulangi lagi semprotan engine conditioner ke karbu hingga penuh, dan lakukan start mesin agar foam kesedot ke dalam ruang bakar.
-
Semprotan berikutnya biarkan foam memenuhi karbu, dan diamkan selama 10-15 menit.
-
Pasang kembali kabel koil ke distributor. Sekarang start mesin sampai bisa nyala, bisa dibantu dengan mengocok pedal gas. Akan muncul asap putih dari knalpot…
-
Lanjutkan dengan injak gas sampai 6000 rpm. bisa dibantu juga dengan mengekop karburator. Lakukan terus sampai asap putih kembali jadi bening.
-
Proses carbon clean selesai. Finishingnya lakukan italian tune-up. Bawa lari mobilnya hingga 6000 rpm (biasanya suka ada yg lebih tinggi)
Ini adalah cara paling gampang di Karimun, berhubung posisi busi didepan grill dan ruangnya sempit, bagi kebanyakan orang susah bukanya.. termasuk saya hehehe… Untuk yang lebih advance bisa langsung semprot ke lubang busi.
Ritual carbon clean sebaiknya dilakukan saat mau melakukan penggantian oli + filter oli. Seperti biasa, patokan banyaknya oli tetap dipstick. masukkan dulu 2,5 liter. tambahkan bila kurang. jangan sampai kebanyakan yah…
Kapan-kapan nyobain spirit carbon clean sendiri aah…