Menemukan user Flickr dan ukuran gambar original dari permalink gambar Flickr

Nggak kerasa salah satu akun gratisan saya sudah hampir habis. Sembari siap-siap bikin akun baru dari email eksisting Yahoo, saya ingin berbagi sedikit tips tentang ini.

Kalo dilihat-lihat, gambar-gambar di postingan blog ini banyak yang dihostingkan di Flickr. Walaupun bukan gambar foto hasil jepretan saya pribadi, tapi hanyalah gambar skrinsyut hasil capture (tangkapan) layar komputer. Ataupun gambar logo-logo saja. Kenapa pakai Flickr? Yang pertama biar hemat bandwidth tentunya. Kalau semuanya diupload di hostingan yang sama dengan blog ini bisa-bisa kuota bandwidth saya lebih cepat habis donk. Alasan lain, Flickr ini yang relatif cepat menurut saya. Walaupun belum pernah melakukan tes secara teknis, tapi naluri pria saya menyatakan demikian hehehe… Selain itu, mengatur gambar di Flickr lebih mudah dibanding dengan image gambar yang lainnya.

Nah, back to the topic… Mungkin… jika anda penasaran… nama user apa sih yang dipakai untuk upload gambar itu. Atau… gambar apa saja sih yang diupload oleh orang ini? Maka mungkin tulisan ini akan menjawab rasa penasaran anda.

Kita ambil saja contoh gambar pada tulisan saya sebelumnya: Ganti-ganti kulit: http://farm4.static.flickr.com/3385/3634823547_caa04d74f3_m.jpg

Dari contoh URL permalink diatas, nama file gambar adalah 3634823547_caa04d74f3_m.jpg nama file tersebut disimpan dalam format: ‘photoId_hash_size.jpg’. Ok, kita dapat photoId-nya: 3634823547.

Dalam format nama file gambar Flickr, kode ukuran yang tersedia adalah:

s small square 75×75
t thumbnail, 100 pada sisi terpanjang
m small, 240 pada sisi terpanjang
[none] medium, 500 pada sisi terpanjang
b large, 1024 pada sisi terpanjang (hanya ada pada gambar yang ukurannya sangat lebar dan telah diresize pada saat upload)
o original image

Gabungkan photoId dengan http://flickr.com/photo.gne?id= maka anda akan mendapatkan nama user dan gambar-gambar lainnya. Contoh: http://flickr.com/photo.gne?id=3634823547 anda akan langsung diredirect ke halaman berikut: http://www.flickr.com/photos/hafidznet/3634823547/

Silakan mencoba, semoga bermanfaat ^_^

Sumber bacaan:

http://www.bram.us/2008/01/12/my-priceless-flickr-tip-how-to-find-the-original-flickr-photo-url-and-user-from-a-static-flickr-image-url/

http://digitalphotography.weblogsinc.com/2005/08/01/flickr-hack-all-sizes-for-all-pics/

0 Response to “Menemukan user Flickr dan ukuran gambar original dari permalink gambar Flickr”


  • No Comments

Leave a Reply