Flat Feet pada Anak

Ga kerasa dah lama banget blog ini dianggurin :D tulisan terakhir masih tertanggal 30 juni. Mumpung blog ini sudah idle cukup lama, ada satu tema yang sudah dari dulu pengin banget dimunculin… tapi gak pernah kesampaian. Ya… tentang dan . Sayang, rasa malas ini ternyata lebih kuat, jadinya baru sekarang kesampaian. Walaupun itu juga untuk sedikit menutupi kekosongan…

kurang lebih dapat diartikan sebagai kondisi kaki dimanababy-feet lengkungan telapak kaki rata sehingga hampir atau seluruhnya menyentuh tanah. Saya sendiri sebelumnya belum pernah ngeh apa yang namanya Flat feet sampai beberapa saat yang lalu bunda nyinggung soal tersebut pada ijaz.

Setelah mendengar lebih banyak tentang Flat feet dari bunda, saya koq jadi mengkhawatirkan pertumbuhan ijaz kelak. Karena memang ada beberapa kekurangan dan komplikasi pada pemilik kaki ini :( Semoga tidak terjadi pada ijaz …amien!

Sebenarnya penampakan Flat feet normal pada bayi, sampai sekarang pun saya gak nyangka kalo ijaz juga memiliki Flat feet. Apalagi melihat grafik pertumbuhan ijaz yang positif dan tingkah lakunya yang selalu super aktif… :D Beberapa dampak negatif pemilik Flat feet yang saya tangkap dari bunda ijaz: sering jatuh, nggak bisa berdiri tegap (punggung cenderung melengkung ke belakang), lebih mudah capek, kaki cepat sakit. Dan terutama yang sangat berpengaruh pada ijaz sekarang ini adalah speech delay. Yang Alhamdulillah sudah mulai menunjukkan hasil positif setelah dilakukan terapi rutin.

Dari beberapa kondisi tersebut, kelihatannya yang paling sering terjadi pada ijaz adalah seringnya jatuh. Terbukti dengan banyaknya bekas luka di kakinya :D hehehe… Semoga tidak lebih dari itu –_-

babyfeet Seharusnya lengkungan pada telapak kaki bayi mulai tumbuh saat usia 2 – 3 tahun, persis seperti usia ijaz sekarang.

Waktu ijaz mulai sekolah dulu – tepat saat ultah yang kedua – seorang owner sekaligus ‘ahli anak’ di sekolah ijaz sebenarnya sudah mengetahui kondisi Flat feet pada ijaz. Namun beliau sengaja nggak menginformasikan pada bunda karena ijaz dinilai sudah memiliki bekal  (perkembangan motorik kasar & halus) yang cukup bagus. Baruu kemarin, saat bunda ijaz ingin konsultasi mengenai Flat feet, beliaunya kaget karena belum pernah ada ortu yang konsen dan konsultasi masalah Flat feet. Dan menurut beliau kondisi ijaz masih baik…. amien.

Walaupun kondisi Flat feet sudah susah dirubah, terapi yang bisa dilakukan adalah menggunakan sepatu khusus (Insya Allah hal ini gak diperlukan pada ijaz), sering dilakukan pijatan pada telapak kaki, jalan-jalan tanpa alas kaki pada permukaan yang tidak rata, seperti di bebatuan, sawah, pantai.

Kira-kira segini dulu lah curhatan dari saya, jika ada informasi baru Insya Allah nanti saya tambahkan. Wikipedia sebenarnya sudah memberikan gambaran ringkas dan lengkap mengenai Flat feet.

Gambar diambil dari http://starfishenvy.typepad.com/starfish-envy dan http://www.mamashealth.com

13 Responses to “Flat Feet pada Anak”


  • dan kebetulan sekali saya juga mengalami hal yang sama terjadi pada anak saya yang mengalami flat foot, dan samapai saat ini saya mencari terutama sepatu khusus yang ada khususnya di wilayah jakarta tangerang belum ada infonya

    kiranya jika ada info tentang sepatu khusus tersebut mohon bantuannya

    saya ada di http://bungalianiw.wordpress.com atau di 08121201122
    makasih banyak

  • kalo sepatu u flatfeet dpt dicari di ace hardware dijabotabek…sepatu Dr Kong…

  • sepatu khusus dapat dipesan dgn Bpk.Mirun Khambari (owner & pembuat) JL. Ciledug Raya gg. KUD no. 62 Rt.001/05, Kel.Sudimara Jaya, Ciledug, Tangerang
    Telp: 021-7312875

  • Anak saya juga mengalami hal serupa. Saat ini saya sedang melakukan terapi untuk anak saya di RS. Fatmawati. Minggu lalu dokter spesialis rehab mediknya menyarankan anak saya memakai sepatu khusus dan saya memesannya langsung di bengkel peralatan medis RS. Fatmawati. Untuk kasus anak saya, harga sepatu tersebut hampir 300 ribu. Semoga bermanfaat….

  • kebetulan anak saya jg mengalami hal yg serupa.dia skrng usianya 22 bulan.melalui media ini, sy ingin berbagi pengalaman dg ibu2 yg memiliki putra/putri yg mengalami flat foot.
    saya ingin tau apa kira2 penyebab flat foot ini.putri sy baru ketahuan wktu bljr jln umur 16 bln.skrng keliatan tmbah parah,telapak kaki dua2nya.
    smg dg curhat ini saya bs ttp bersemangat.

  • saya sdh menuliskan beberapa penyebab flat feet di artikel atas… referensi dari ahlinya + dari internet :)

    anak zaman sekarang relatif lebih banyak flat feet drpd anak dulu. apalagi yang tinggal dikota2.

    CMIIW

  • Masalah ini juga terjadi pada putra saya dan sudah 2 x menggnhakan sepatu khusus. Sekedar sharing saja, unutk konsul dokter bisa ke RS Harapan Kita dengan Dr. Ucok setiap Selasa jm 11 siang dan pembuatan sepatu di YPAc, Hang Lekiu Kebayoran. Saat ini anak say sedang dianjurkan untuk operasi agar penyembuhan flat feet ini lebih cepat.

  • nice info..thanks..

  • @ Pak Bayu,
    Pak, kenapa dirujuk operasi flat feet?

  • Mau tanya dongg.. Untuk membuat sepatu khusus harga Ÿª♌g paling miring dmana yaa ? YPAC atau FATMAWATI atau Ÿª♌g di bapak mirun tanggerang ciledug itu yaa

  • Telapak kaki pada anak yang rata atau dikenal dengan sebutan kaki datar atau flat feet adalah salah satu kondisi yang paling umum ditemui, yang dialami oleh sekitar 20 sampai 30% dari populasi di dunia. Flat feet, disebut juga pes planus atau fallen arches, mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki rata atau datar. Seluruh bagian telapak kaki menempel atau hampir menempel pada tanah ketiak berdiri (dengan berat badan.
    Kaki anak-anak berbeda dengan kaki orang dewasa, karena mereka belum sepenuhnya terbentuk. Kaki seorang anak memiliki panjang sekitar 10 cm saat lahir, yang kemudian ukuran tersebut berkembang hingga mencapai dua kali lipat pada saat anak berumur satu tahun. Pada usia 6 bulan, sebagian besar kaki anak masih berupa tulang rawan, lalu pada saat usia mencapai 18 tahun, sebagian besar tulang (1/4 dari semua tulang di tubuh) terbentuk dengan sempurna.

    Pada usia 6 bulan. Anda akan mulai menyadari dan mulai bermain dengan kedua kakinya. Satu-satunya alas kaki yang dibutuhkan bayi adalah kaos kaki untuk menjaga kehangatan, karena kaos kaki tidak sesak bagi kaki bayi sehingga memungkinkan kaki untuk tumbuh normal.Pada usia 6 tahun, kaki anak akan tampak cukup “dewasa” dan cara berjalan mereka akan mulai menyerupai pola berjalan orang dewasa.
    Perawatan Bagi Telapak Kaki Datar (Flat Feet)
    Perawatan dan pengobatan telapak kaki datar berbeda-beda tergantung pada penyebabnya.
    Orthotic
    Latihan untuk memperkuat otot-otot kaki
    Alas kaki korektif
    Rehabilitasi
    Obat untuk membantu mengatasi peradangan
    Modifikasi aktivitas
    Penurunan berat badan
    Salah satu untuk membantu pembentukan lekukan kaki (arch) Adalah pemakaian insole khusus didalam sepatu yang dipakai.

  • makasih infonya, kebetulan anak saya kenny 16 bulan juga termasuk flat feet, alhamdulilah saat 11 bulan sudah mulai jalan. yang masih membuat saya penasaran statement diatas bahwa ada hubungan antara flat feet dengan speech delay. secara ilmiah bagaimana hal ini saling terkait. karena anak saya sampai sekarang bicaranya belum jelas dalam artian semua dipanggil ma, mo atau teriak” saja. kalo ada tambahan info, sharing lagi ya…

    ika maminya kenny

  • Thanks for your good writeup. The idea in reality was previously a leisure consideration that. Seem complicated so that you can a lot more helped bring acceptable from you finding out! Having said that, exactly how should we sustain your distance learning?

Leave a Reply