How to fix CD-DVD drive error (Code 19)

Bagaimana jika saat anda mau membuka kepingan CD/DVD malah menemui label drive CD/DVD anda di lenyap? Pernahkah anda mengalami? saya pernah, baruuu aja kemarin. Spontan saya langsung membuka , dan ternyata ada tampilan error disana. DVD-RAM saya ada tanda pentungnya. Melihat kedalam properties, muncul notifikasi error seperti ini:

cannot start this hardware device because its configuration information (in the ) is incomplete or damaged. (Code 19)

CD/DVD Drive error code 19CD/DVD Drive error code 19

Bebeberapa jurus yang sudah saya coba tapi tetep menemui jalan buntu:

  • Uninstall driver via Device Manager dan reinstall DVD Drive
  • Hapus semua registry yang berhubungan dengan keyword “DVD_RW” dan “Optiarc” termasuk yang memberikan notifikasi “access denied”
  • Jurus yang lain kayaknya nggak masuk akal, jadi nggak perlu ditulis disini :D

Setelah kehabisan akal, akhirnya pake jurus pamungkas simbah deh. Dan memang simbah nggak ada matinye, jurusnya singkat dan tepat sasaran. Bagaimana ceritanya? ceritanya begini:

1. Buka , masuk ke subkey berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

2. Lihat panel sebelah kanan jika menemukan entri LowFilters dan UpperFilters langsung hapus saja.

3. Reboot

Registry fix error code 19

Subkey bermasalah yang sudah dihapus

4. Buka kembali My Computer, dan tadaa… drive DVD-RAM anda telah kembali.

Sedikit catatan, masih kurang jelas apa penyebab semua insiden ini. Tapi sempat ngelirik salah satu value dari entri yang sudah disebut tadi (entah LowFilters atau UpperFilters, maaf saya lupa karena keburu nafsu menghapusnya) ada deretan huruf ”nti”. Kebetulan atau tidak, beberapa hari sebelumnya saya sempet membakar DVD menggunakan NTI. Tapi seperti biasa, setelah saya bersih-bersih registry pake aplikasi registry cleaner (saya biasa pake CCleaner atau JV16 Power Tools), NTI jadi nggak bisa dipake (biasanya setelah diinstal ulang bisa dipake lagi). Karena nggak ada plan buat ngopi-ngopi CD/DVD lagi ya NTI nya saya uninstall aja.

Sekian curhat dari saya, terimakasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat ^_^

7 Responses to “How to fix CD-DVD drive error (Code 19)”


  • gimana kalo misalnya di device managernya ada. . bisa ke baca semua tapi di my computer ga kebaca??
    karena di bios dan di device mngernya itu ada, . .
    tolong bantuannya. . kirimkan ke email saya ya. . please. . .

  • cara diatas sudah dicoba? kalo case saya diatas di device manager muncul tapi ada tanda “!”

    saya nggak cek di bios tapi karena ini problem OS, harusnya di BIOS juga ada :)

  • Klau sya lain mslahnya brow, awalnya terdeteksi DVD romnya, tpi setelah saya hapus UpperFiltersnya, ternyata DVD rom saya malah jadi thilang di My Computer…
    Tolong kasih solusinya brow untuk mengembalikan DVD Romnya lagi…!!!

    please krim ke alamat email saya..
    Thx before

  • Terima kasih mas.. berhasil.. berhasil..
    Saya pikir karena program NTI nya..

    Terima kasih banyak sekali lagi..

  • thank’s boz… bisa nongol lg..

  • makasih bos atas ilmunya…
    GBU…

  • Seriously, wonderful blog page page layout! Precisely how long are you currently blogs pertaining to? you have made blogging and site-building start looking simple. The full look of this site is excellent, in addition to the content!

Leave a Reply