Teh Rosela: kecut rasanya, banyak manfaatnya

Yap… at last blog ini menginjak ranah tanaman . oh , begitu point dari tulisan ini. Siapa yang belum pernah dengar nama mbak Rosela? Siapa yang belum pernah menikmati khasiatnya? Benarkah Rosela tanaman herbal yang banyak manfaatnya?

kelopak bungan rosela (roselle) - gambar adalah milik zengia.com Sebagian besar dari kita pastinya sering menikmati makanan instan dan serba junk food lengkap kandungan zat kimiawinya. Lihat saja, lauk siap saji, makanan yang tinggal-seduh-3-selama-menit-siap-makan, sampai masakan ibu-ibu dirumah juga nggak luput dari sasaran produk kimia-buatan-berbahaya berlabel ‘lezat’ dan ‘cepat’. Nah semua tuh! Walaupun banyak ibu RT (rumah tangga, red) mungkin sudah banyak meninggalkan makanan kimia tadi, tetep saja didunia ini nggak ada ‘hitam & putih’. Nah! gak ada salahnya kan? sedikit cerita bab tanaman herbal berjudul teh bunga Rosela?

Rosela (Hisbiscus sabdariffa L.) ternyata memiliki manfaat besar untuk pencegahan segala macam penyakit. Bunga rosela berguna untuk mencegah kanker, leukimia dan radang, mengendalikan tekanan darah (anti ), melancarkan peredaran darah, anti kejang otot, melindungi hati dan melancarkan buang air besar.

Kandungan gizi yang dimiliki satu kelopak bunga rosella sangat lengkap. Vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Ternyata dari sekian asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terkandung olehnya, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, rosela juga mengandung protein dan kalsium. Kalau mau ditulis lebih banyak, Rosela mengandung: Serat, Fosfor, Zat besi, MaLic Acid, Fruktosa, Sukrosa, Karotin, Tiamin, Niasin, riboflavin dan antosianin yang paling berperan sebagai antikanker dengan melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas.

Kandungan antioksidan-nya mencapai 1,7 mmmol/prolox antioksidan *jujur saya nggak tau itu berapa kilo ya*. Menurut hasil penelitian Ir Didah Nurfarida MSi, periset Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor. Jumlah itu lebih banyak dari kumis kucing yang teruji klinis meluruhkan batu ginjal.

Jadi sudah semakin jelas khan darimana khasiat bunga rosela tadi berasal?

Cara penyajiannya mudah, cukup seduh didalam air hangat (untuk kelopak bunga rosela yang sudah dikeringkan). Karena itulah mungkin disebut teh bunga rosela. Karena mudahnya pula, rosela menjadi minuman rutin dirumah. Termasuk saya sendiri donk. Eits, tapi hati-hati bagi yang punya darah rendah. Biasanya setelah minum kepala langsung nggeliyeng. Karena memang rosela berkhasiat menurunkan tekanan darah. Jadinya sang istri ngga minum lagi dech. Kalo anda juga memiliki tekanan darah rendah saya rasa nggak usah takut mencobanya. *it’s not kind of drugs hehehe…*

Kalo anda masih ragu khasiat teh bunga rosela, saya sudah minum sejak lama lho. Dan nggak merasakan efek samping yang negatif. Jadi, apa salahnya khan dicoba? hohoho…

 

Sumber bacaan dan referensi khasiat Rosela lainnya:
pustakaalbayaty.wordpress.com bersumber dari litbang.deptan
thibbunnabawi.wordpress.com bersumber dari trubus-online.com
sehatyuk.blogspot.com
ithonkthink99.wordpress.com
dan lain-lain

16 Responses to “Teh Rosela: kecut rasanya, banyak manfaatnya”


Leave a Reply