Antara Office 2003 dan 2007: program default

Microsoft Office 2007 - Gambar adalah milik Microsoft Judule emang agak mbulet lan mbingungi. Hehehe… rak popo yo, mangsute ngene ki lho. Sudah diedit, jadi semoga judul yang ini lebih baik :D .*Bismillah* Di sistem terinstal dua versi MS : 2003 dan 2007. Karena 2007 diinstal belakangan, jadi setiap dobel klik dokumen, versi yang terbuka itu 2007. Padahal kite-kite pingin yang jadi default itu ya 2003.

And the story begins…

Beberapa bulan terakhir ini memang saya terpaksa menginstal Microsoft Office Excel 2007 melengkapi Office 2003 saya *kebetulan ada sertifikat lisensinya koq :p*.

Sebelumnya sih saya sempat menginstal office compatibility pack dari situsnya Microsoft. Lumayan buat buka dokumen yang nggak sengaja disimpan kedalam format openxml. Tapi ini masalah lain, akhirnya saya terpaksa menginstal Office 2007 (cuman Excel-nya doank) karena membutuhkan fitur yang dimilikinya.

Jadilah dua versi Excel berbeda dalam satu sistem. Excel 2003 untuk membuka dokumen-dokumen umum, Excel 2007 untuk membuka data yang hanya bisa dibuka dengan Excel 2007 :D Tapi karena dokumen yang bersifat umum dan biasa jumlahnya lebih banyak, tentunya saya ingin saat mendobel klik dokumen yang berekstensi .XLS otomatis terbuka Excel 2003. Apalagi saya termasuk pria yang sayang resources komputer. Tapi defaultnya nggak, yang terbuka tentu saja Excel 2007.

Males kan… kalo setiap mau buka dokumen pake Excel 2003 harus klik dulu shortcut-nya di start menu? Nah, jika anda mempunyai persoalan yang mirip-mirip gini ternyata solusinya gampang koq.

Karena yang saya butuhkan adalah Excel 2003 sebagai program default buat membuka dokumen .XLS, .CSV dst. Cara bikinnya gini. Buka Excel 2003. Masuk menu Help > Detect and Repair. Lanjutin prosesnya sampai selesai. Biasanya nanti minta restart.

Berlaku cara yang sama buat Word, Powerpoint, dsb. Tapi kalau yang diinginkan adalah semua paket program MS Office mungkin lebih baik kalo jalankan Reinstall or Repair lewat Add or Remove Programs.

Sebaliknya, kalo ingin membuat Excel 2007 sebagai program default: Klik tombol Office > Excel Options > Resources > Diagnose

Sekian curhat dari saya, terimakasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat ^_^

8 Responses to “Antara Office 2003 dan 2007: program default”


Leave a Reply