Operasi Kaki-kaki Karimun

Usia mumun udah 5 tahun belum pernah cek . Biar lebih mantep General Check Up di bengkel spesialis deket rumah. Walaupun sudah dapat banyak referensi untuk pengecekan mobil, terutama mobil, untuk pemula seperti saya rasanya kurang afdol kalo ngga ngebengkel.

Berangkat pagi-pagi biar ngga ngantri lama, langsung tancap gas setelah bersih-bersih karburator. Sesampainya di bengkel, ternyata masih nunggu sepuluh menitan karena bengkel belum beroperasi :D . Sambil nunggu mekanik2nya yang lagi sarapan, beberapa mobil ternyata udah ngantri disana. Untung mumun dapet giliran kloter pertama, langsung dibawa jalan untuk test drive salah seorang mekanik. Test drive selesai, langsung dilakukan cek visual kondifi fisik kaki-kaki empat roda.

Vonis:
(s/a) belakang perlu diganti, terutama kiri sudah terlalu lembek. Ngga seimbang kekuatannya antara s/a belakang kanan dan kiri. Bearing roda belakang juga sudah aus, nggak mulus lagi muternya. Terutama roda sebelah kanan. Karena problem tadi, mumun larinya ngga stabil, goyang di kecepatan tinggi. Saat melibas jalanan yang ngga rata juga goyang agak berlebihan.

Info sang mekanik, kaki-kaki depan katanya masih baik, gak perlu ada yg diganti.
katanya kondisi part-partnya masih ok… termasuk karet-karetnya. Sebelumnya saya pikir s/a depan sudah harus ganti. Alhamdulillah masih bisa ngirit, s/a depan SGP harganya kira-kira 1,050,000. Apalagi kalo pake Excel-G.

Awalnya saya cuman pengin sekedar cek-cek saja, setelah pikir-pikir lagi akhirnya saya putisin sekalian bedah deh. Biar bawanya juga lebih nyaman. Mumpung kaki depan gak ada vonis kerusakan (ngga nguras dompet lebih dalem).
Ditemenin om mekanik, langsung meluncur ke toko sparepart di jl. mataram:
1. Shock SGP (tadinya mau beli yang KYB ultra, tapi setelah tes kekerasan pake kekuatan tangan ternyata lebih keras yg SGP): 255rb
2. Bearing2 roda belakang (merk NTN, nachi quest), total sama s/a habis 350rb

Sampe bengkel langsung bedah, pasang, tes lari.
hasil: saya tes di jalan gelombang udah nggaga parah goyang dombret kayak sebelumnya, lewatin pulisi tidur pas belok juga udah gak goyang2. diajak lari juga udah gak goyang2
Cukup puas sama kerjaan nih bengkel, walopun blm pernah mbenerin kaki2 sebelumnya. Sayang bekas gemuk di body sama velg susah dibersihin :(

operasi kaki karimun operasi kaki karimun

DC
s/a SGP: 255rb + bearing (NTN+nachi quest)= 350rb
ongkos = 100rb
total = 450rb

5 Responses to “Operasi Kaki-kaki Karimun”


Leave a Reply