Persiapan CCNP sudah dimulai

Ternyata nggak semudah CCNA… :( Dua hari muter otak, mbolak-mbalik file Material CCNP belum nemuin cara yang pas buat menguasai materi. Yang jelas aku masih terlalu bodoh :( buat sebuah CCNP. Terlalu dini kalo aku langsung coba soal-soal tes dari P4s. Sekali coba langsung next, next, next… gaada soal yang kejawab, langsung balik ke soal-soal berikutnya :D

Beda dengan CCNA 640-801 yang bisa didapet hanya sekali exam, untuk bisa mendapatkan yang namanya CCNP harus ngambil 4 kali ujian terpisah. Dengan kata laen biayanya juga 4 kali lebih berat :D

Jadi exam apa aja yang harus diambil untuk sebuah CCNP? Nggak laen dan nggak bukan:

1. Building Scalable Internetworks (BSCI) 642-901

2. Building Cisco Multilayer Switched Networks (BCMSN) 642-812

3. Implementing Secure Converged Wide Area Networks (ISCW) 642-825

4. Optimizing Converged Cisco Networks (ONT) 642-845

Yang jelas, modul-modul BSCI 642-801, BCRAN (Building Cisco Remote Access Networks) 642-821, Cisco Internetwork Troubleshooting (CIT) 642-831 udah obsolete semua. Untuk urutan exam, terserah selera Anda, tp mungkin sebaiknya sesuai urutan di atas. Dan materi yang paling banyak harus dipelajari adalah BSCI.

Cisco Career Certification & Path

Sebelum belajar CCNP BSCI lebih dalam, ada baeknya mengenal jalur-jalur yang berbeda dalam Cisco Career Certification. Jujur aja, sampai ngambil exam CCNA aku juga belum paham hal ini :D

Secara umum, ada 3 level sertifikasi. Yang pertama level Associate, Professional, dan level tertinggi Expert (CCIE). Sedangkan 6 jalur yang berbeda dalam sertifikasi Cisco yaitu:

1. Routing & Switching (CCNA, CCNP, CCIE Routing & Switching)
2. Design (CCNA & CCDA, CCDP)
3. Network Security (CCNA, CCSP, CCIE Security)
4. Service Provider (CCNA, CCIP, CCIE Service Provider)
5. Storage (CCNA, CCIE Storage )
6. Voice (CCNA, CCVP, CCIE Voice)

CCNP Preparation

Aku nulis judul ini sebenarnya karena belum nemuin formula yang pas buat mempersiapkan CCNP. Materi awal yang aku donlot adalag Pass4Sure, TestKing, Sybex CCNP Study Guide 2005, dan Study Guide CCNP yang laen.

Pertama aku pelajarin Pass4Sure, ternyata ilmuku masih belum nyampe kesana. Sama sekali belum punya konsep materi yang cukup. Trus kalo Testking koq nggak ada yang ngerekomendasiin. Aku mulai coba buka Sybex CCNP. Baru coba baca pengenalan CCNP aja dah nggak bisa fokus. Yah mungkin emang karena dikantor, yang kebetulan lagi full music jadi nggak bisa konsen… Lagian uraiannya juga panjang banget! Berat untuk memulai sedangkan situasinya nggak kondusif :)

Study Guide yang laen belum aku coba pelajarin. Kurang lebih seperti punya Sybex, walaupun lebih ringkas. Trus Kepikiran buat donlot Cisco Network Academy CCNP Versi 5.0. Coba aku baca sekilas rasanya lebih enak dipelajari.

Aku baca-baca diforum, ada juga yang kasih saran untuk mempelajari material dari KNET secara mendalam *Belum tau juga sih, KNET seperti apa* Dan hindari Sybex. Tapi baru satu saran yang aku baca, besides that bos dedi sendiri ternyata kewalahan juga nyiapain CCNP, dan nyaranin belajar dulu materi Sybex.

Dari aku pribadi, sementara mau mempelajari dulu Cisco Network Academy CCNP sambil donlot materi-materi yang laen. Dan juga cari info-info yang pastinya bisa mbantu diforum-forum, milis, atau blog.

Akhirnya sampailah pada akhir tulisan yang sebenernya belum berakhir. Mungkin nanti ada tulisan Persiapan CCNP sudah dimulai#2, dan harusnya ada lho!
Bismillah…. Persiapan dimulai. Semoga lancar dan target ujian nggak molor-molor lagi.

ps: kenapa CCNP? :D

Tags: ,

3 Responses to “Persiapan CCNP sudah dimulai”


Leave a Reply