Service Radiator

Rencana awal cuman mau kuras coolant , tapi setelah dipikir2 si boim belum pernah diservice sebelumnya, usianya hampir 6 tahun. Jadilah meluncur ke tukang radiator terdekat. Lokasinya di seberang GOR Manunggal Jati Pedurungan.

Timnya lumayan banyak, jadi walaupun sudah ada beberapa mobil antri langsung dapat ditangani.

buka-tutup-penguras-radiator

1. Ritual service radiator dimulai dari menguras coolant. Buka tutup penguras dalam keadaan mesin cukup dingin. Tempatnya dibagian bawah radiator disisi dalam (menghadap ke dalam). Bisa dibuka dengan tangan karena bautnya ada kupingannya.

kuras-coolant

saya menggunakan coolant berwarna hijau

Jika melakukan kuras radiator di rumah, atau bengkel radiator memungkinkan, bisa mengaliri radiator dengan air bersih. Selang yang masuk ke radiator dilepas. Dalam kondisi mesin hidup, aliri terus hingga semua coolant keluar atau air menjadi bersih.

2. Radiator dilepas dari dudukannya. Copot kipas, dan tutup atas radiator. Radiator terbuat dari bahan fiber, cukup tutup atasnya saja yang dilepas. Tutup bawah tidak bisa dilepas, kalau nekat bakalan merusak radiator (bocor) hingga terpaksa ganti radiator baru. (pelajaran berharga dari teman saya, hijau jepara hehe…)

kipas-karimun

Extra fan yang sudah dipisahkan dari radiator

tutup-kepala-radiator

Kepala radiator yang sudah dilepas

3. Kondisi radiator masih bagus… karena sejak awal selalu pakai coolant, bukan air biasa. Hanya saja ada butiran-butiran hijau dari coolant yang menggumpal dibagian atas radiator.

Biar bener-bener bebas dari resiko radiator mampet, tiap-tiap jalur air radiator disogok-sogok. Kemudian dibersihkan dengan air, sekalian test kebocoran pada kisi-kisi radiator.

4. Proses anti mampet beres, radiator dikeringin. Kepala radiator dipasang kembali, gak lupa sealent merah digunakan. Test kebocoran.

5. Pasang radiator kembali ke tempatnya.

6. Test putaran extrafan, kemudian pasang kembali.

7. Isi kembali radiator dengan coolant. Saya sudah siapkan 1 galon coolant merk Pr*ston dan ternyata masih sisa lumayan banyak. Mungkin karena yang dikuras hanya coolant yang didalam radiator, tidak semua jalur air radiator dikuras (selang, water jacket).

Paling tidak dengan service radiator bisa mengurangi resiko dari overheat karena mampet atau putaran extrafan yang tidak maksimal.

 

Review bengkel radiator

  • Knowledge: 8.5/10
  • job progress: 7.5/10
  • finishing: 8.5/10
  • pricing: 6.5/10 service radiator truck koq jauh lebih murah dari Karimun :(
  • status: recomended :)

1 Responses to “Service Radiator”


  • man i was looking for a cmmneot like yours .go here and look at How electric vehicles help with pollution.also any one else who think using pure electric is bad really still doing the same as normal cars.they may still be polluting but its a hole lot less then if you do what everyone else does.i would rather be aware that i may be polluting the earth a hole lot less then if i were driving a gas or gas/ev.enlightenment for the win!!thumbsup

Leave a Reply