Service rembesan oli Karimun + ganti timing belt

Akhirnya disempetin juga service rembesan . Memang nggak ada oli yang netes di lantai garasi.. tapi tampaknya jebret kemana-mana.

karimun-service-timing-belt-1

Persiapan bedah si mumun, sudah standby di bengkel jam 9-an pagi.

karimun-service-timing-belt-2

Sekalian ganti , odometer sudah hampir menunjukkan angka 60ribu km

karimun-service-timing-belt-3

Tutup timing belt, silinder head cover, pulley, etc

karimun-service-timing-belt-4

paking sudah aus

karimun-service-timing-belt-5

Silinder head saat dibuka

Pekerjaan selesai jam 16:00, langsung jemput mumun begitu dapat kabar dari mekanik bengkel.

karimun-service-timing-belt-6-dipstick

Mekanik bengkel sudah dipesenin isi oli cukup 2,7 liter saja tapi ternyata tetep bandel dengan alasan filter oli diganti juga. Alhasil cek dipstick oli kebanyakan… Terpaksa deh tap oli sendiri saja di rumah. Oli dikeluarin lagi sekitar 200-an liter.

Menu beres-beres rembesan oli:

  • timing belt
  • laker (bearing) tensioner
  • paking deksel (silinder head cover)
  • paking timing belt (busa cover)
  • seal deksel (silinder head cover)
  • seal kruk as
  • seal noken as

Total biaya part 400-500an ribu. Biasanya pas ganti timing belt sekalian ganti waterpump dan tensioner karena sekalian kerjanya. Tapi berhubung waterpump masih bagus kondisinya dan untuk menghemat penggantian waterpump diskip dulu. Mengingat si mumun juga selalu pakai coolant khusus radiator (tidak air biasa).

1 Responses to “Service rembesan oli Karimun + ganti timing belt”


Leave a Reply