Antara Windows Desktop Search (WDS) dan Search Companion: set default

Windows Desktop Search (WDS) menurut saya salah satu tools yang cukup powerfull di lingkungan XP *yep saya masih pake wenduz ekspi* untuk mencari-cari sesuatu dengan cepat, tepat, dan akurat. Terutama di dalam tumpukan ribuan file dan email. Setidaknya lebih ringan dan cepat ketimbang Copernic. Sayang saya belum nyempetin nyoba Yahoo Desktop Search — kayaknya oke juga tuch YDS.

WDS windows desktop search Terusss… ada apa antara WDS dan ? *ladalah… Search companion kuwi opo maning jal* [superemotions file="icon_question.gif" title="Question Mark"] Begini, Search Companion (SC) itu tool pencarian standar bawaan Windows XP, biasa diakses dengan jalur cepat F3, atau dari Start Menu > Search, atau menekan tombol Search di Windows Explorer [superemotions file="icon_idea.gif" title="Lightbulb / Idea"]

‘Kedatangan’ WDS di Windows XP akan membawa angin perubahan pada jalur2 cepat tadi. Yakni: kalo anda tekan tombol F3 yang muncul bukan lagi form pencarian SC, tetapi WDS. Yang bikin kesel, mbuka form WDS terasa delay-nya ketimbang buka Search Companion (SC) biasa. Tapi yang sebenernya jadi masalah, mencari file menggunakan WDS yang nggak diindeks oleh WDS itu sendiri seperti mencari baju di lemari yang baru dibeli. Gak ada hasilnya.

Si Windows Explorer akan menyediakan ke SC dibagian bawah. Jadinya harus dua kali kerja: klik link ke SC [superemotions file="icon_mad.gif" title="Mad"] Gambar disamping inilah contohnya: niatnya pengin nyari file pakai SC via Windows Explorer, yang kebuka malah WDS. Padahal itu folder nggak diindeks [superemotions file="icon_mad.gif" title="Mad"] Benar-benar njeng kelin dech! Artinya… ritual klik 2 kali ini harus selalu dilakukan waktu mau cari file.

Kenapa sih WDS nggak dibuat sedikit lebih pintar — jadi kalo mau nyari di folder yang tidak terindeks WDS, otomatis yang digunakan adalah SC. Kalo saya pribadi sih sudah cukup mengakes WDS dari taskbar atau traybar.

Tapi wait a minutes!! Solusi masalah diatas ternyata cukup sederhana. Apalagi jal kalo bukan di -nya Windows. Tinggal jalankan regedit via Run di Start Menu, arahkan di registry key berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows Desktop Search\DS

Klik dua kali pada ShowStartSearchBand gantikan nilainya dari ‘1’ menjadi ‘0’. Tutup Regedit, coba tekan tombol F3 dari Windows Explorer atau dari Desktop. Dan SC pun sudah kembali tanpa perlu restart explorer :)

Sekian curhat dari saya dan semoga bermanfaat ^_^

3 Responses to “Antara Windows Desktop Search (WDS) dan Search Companion: set default”


Leave a Reply