Pendekin URL sependek-pendeknya!

Logo tr.im Sebuah catatan kecil mengenai short URL redirection services, atau dalam bahasa ibu: fasilitas memendekin URL yang sebelumnya panjang-panjang.

1. Dari deskripsi singkat diatas sudah jelas kan arah dan tujuan judul tulisan kali ini? Contoh riilnya seperti ini.

a) URL aseli: http://blog.hafidz.web.id/2009/06/10/netbook-advan-vanbook-alnect-komputer/
b) Setelah dipendekin: http://tr.im/oeI2

2. Lalu, tujuannya buat apa?

  • Memudahkan anda mengabarkan berita menarik di milis, forum, , plurk, , dll. Tanpa harus menuliskan URL yang panjang. Lebih-lebih di layanan microblogging yang membatasi panjang karakter.
  • Promosi terselubung. Misalnya nih ya, anda pengin mengabarkan menginformasikan suatu halaman situs ke rekan-rekan anda. Yang mana halaman itu nggak lain adalah sarana promosi produk yang ditulis di blog anda. Ibarat seorang sales ingin memprospek calon pelanggannya, nggak langsung nyodorin katalog produk, tapi diawali dengan cover letter. Barulah setelah itu ‘di-redirect ke muka aselinya. Karena strategi ini seorang teman langsung komen “wakakakakak………ada udang dibalik tepung” atau “kmu jualan tho ternyata…. krain sekedar info mas…..
  • Iseng, kurang kerjaan, “keren ya?”
  • Alasan lain-lain, tergantung motivasi anda masing-masing :p

3. Bukannya ini topik basi, short-URL-redirection macam gini kan sudah ada sejak lama? Inget nggak, sedari dulu tinyurl.com sering dipake buat me-redirect link rapidshare, misalnya.

Anda benar, saya nulis gini bukan tanpa alasan. Setelah makin menjamurnya layanan ‘URL redirect pendek’ ini, banyak diantara temans yang pasang tampang curiga dulu liat URL macam gini ‘http://tr.im/oeI2’. Termasuk mereka yang blogger dan sejatinya seorang netter yang kesehariannya didepan komputer yang terhubung ke . *yang… yang… yang… yang*

  • “Apa tu mas, virus ya..?!!!”
  • “opo kuwi? gah aneh kok link nge! hahah, kakean url redirect saiki.”

5. Trus apa aja sih contohnya URL redirection itu. Katanya menjamur?

  • pendek.in
  • tr.im
  • tinyURL
  • is.gd
  • bit.ly
  • cli.gs
  • Metamark (xrl.us)
  • PiURL
  • nipurl/Snurl/Snipr/Sn.im
  • kl.am
  • Tweetburner (twurl.nl)
  • smallr.net
  • urlBorg
  • twirl.at
  • urlzen
  • Plurl
  • Moourl

Belum cukup untuk dibilang menjamur?

eb.cx, minilien.com, tinylink.com, urlcut.com, 6url.com, doiop.com, tighturl.com, yep.it, shortlinks.co.uk simurl.com, memurl.com, redirx.com, easyurl.net, shorterlink.com, qurlyq.com, dwarfurl.com, starturl.com, urlhawk.com, canurl.com, decenturl.com, x.se, yatuc.com, surl.co.uk, urlbrief.com, urlborg.com, urlvi.be, myurl.us, qikr.com, ow.ly, awe.sm, prettylink.net, miklos.dk, swturl.com, urldt.com, tinyarro.ws, notlong.com

Daftar panjang diatas didapat dari notlong.com dan econsultant.com. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Seperti tr.im dapat melakukan tracking statistik. Pendek.in memiliki fitur: namanya pendek.in. Hehehe… bagi saya nama itu sudah cukup dianggap suatu fitur.

Akhir kata… penggunaan URL-redirect ini semakin mudah, karena tersedianya add-on URL-rediret untuk browser Firefox.

11 Responses to “Pendekin URL sependek-pendeknya!”


Leave a Reply