Usiamu 7 Bulan Sayang….

Adek dah banyak gerak ya… Tendang kanan tendang kiri. Pukul atas pukul bawah :D
Semalam adek diperiksa lagi sama dokter Pallarto di RSIA Hermina. Ini udah kali ketiga adek diperiksa di RSIA Hermina setelah pindah ke Semarang. Seperti biasa, pak dokter ditunggu lamaaa banget nggak dateng-dateng. Jadwal praktek jam 7 malem, adek sampe Hermina jam 7:40 malem, dokter sampenya jam 20:30 malem. Tapi masih mending lah dari pada waktu pertama periksa dulu, pak dokter sampe Hermina hampir jam setengah sepuluh malem. Udah mau pulang aja bawaannya. Sama seperti waktu itu, ternyata dokter habis melakukan 3 operasi. Di hari yang kata orang merupakan hari kasih sayang itu, lahir 3 anak laki-laki.

Dokter njelasin, usia segini si adek udah banyak gerak (emang udah lama sih adek gerak terus…). Tapi Dok, koq kadang gerakannya si Adek koq aneh ya? Sampe perut kiri ma kanan geraknya barengan. Apa si adek hiperaktif ya?
Ya… mungkin emang kayak gitu, kadang gerakannya macem-macem. Lagian di dalem perut, ukuran bayinya masih cukup kecil kalo dibandingin sama kantung bayinya. Jadi gerakannya masih sangat lincah. Gitu kira-kira penjelasan Pak Pallarto perihal pertanyaan istriku barusan.

Dokter juga mulai itung2an, udah berapa hari sejak terakhir kontrol, trus nulis usia kandungannya: 19 bulan di kartu kontrol. Koq cuman 19 bulan? Gitu pikirku, tapi belum sempet tak tanyain langsung. Dokter juga njelasin gambar pertumbuhan janin di kartu kontrol tersebut. Dalam hati istriku, perasaan dulu nggak ada gambar uwer-uwer (gambar janin) gitu…

Saatnya periksa lewat USG. Menurut dokter ukuran bayi masih normal. Pertumbuhan berat badan Ibu juga masih memenuhi syarat, yakni 7-14 kg setiap bulannya menurut dokter. Istriku sendiri tahunya berkisar 10-11 kg dari buku-buku yang banyak dibacanya. Posisi kepala adek juga sekarang udah dibawah, nggak sungsang lagi seperti waktu periksa sebelumnya. Emang usia segini adek masih sering puter-puter terus didalem perut. Ari-ari juga udah nggak menutup jalan lahir. Menurut dokter semua normal dan sehat, nggak ada sesuatu yang mengkhawatirkan (Alhamdulillah… mohon doanya ya…). Semoga kondisi adek dan istriku selalu sehat dan normal (amien…). Dokter njelasin posisi tubuh adek di dalem perut, tapi ayah sama bunda ternyata sama-sama nggak paham hehehe….

Dari hitung-hitungan ukuran kepala dan ukuran paha, serta hitungan hari terakhir M, HPLnya 5 Mei dan 12 Mei 2007. Menurut Dokter sih beda seminggu masih cukup normal. Kalo udah beda 2 minggu baru dicek lebih teliti. Biasanya kalo ada kelainan langsung kelihatan walaupun sekilas waktu USG. Dokter Pallarto langsung bingung. Dicek USG koq usia kehamilannya udah 28 hari. Setelah cross cek lagi, ternyata mbak suster salah ngasih kartu kontrol. Termasuk waktu timbang badan dan cek tekanan darah dimasukkan ke kartu kontrol yang salah, gatau punya sapa.

Gerakan si adek sudah harus diamati. Jika ada gerakan yang nggak biasa, harus langsung kontrol ke dokter. Pernah ada kasus. Seorang ibu curious ada perubahan gerakan bayi yang tiba-tiba melemah. Setelah diperiksa ternyata tali pusat udah melilit leher si bayi hingga 7 kali kalo nggak salah. Dokter Pallarto langsung ngambil keputusan untuk operasi, kalo nggak hidup bayi itu mungkin nggak tertolong.

Usia adek sekarang udah 7 bulan… Mulai sekarang adek harus periksa setiap 2 minggu sekali ya… Ayah sama Bunda juga udah mulai menyeleksi beberapa nama buat adek. Silahkan aja kalo ada yang mau ngasih masukan nama :D

Oya, jenis kelamin adek belum ketahuan pastinya. Mungkin laki-laki….

6 Responses to “Usiamu 7 Bulan Sayang….”


  • “Dalam hati istriku, perasaan dulu nggak ada gambar uwer-uwer (gambar janin) gitu…”

    penasaran.. ga ono skrinsut’e.. :D

  • wah selamat ya Fid.. Smoga lancar deh sampe kelahiran nanti :D

  • wah,pastinya bahagia sekali ya…deg-degan campur seneng…kebetulan sekarang aku juga hamil 3bln,rasanya pengen cepet-cepet nggendong si buah hati,pasti mak juga merasakan hal yang sama…aku doain semoga bayinya sehat dan menjadi anak yang sholih,amiin…aku ngasih masukan nama boleh ya…zaky(wewangian),mikyal(timbangan)…

  • wah sneng bgt ya…. aq jg lg hml 6 bln.aq bngung ngitung usia khmln q.mklum ni khmln yg prtma…
    aq doain dech smoga bayinya sht.. doain aq jg ya…
    aq da msukan nama nich… aq lg sk nama DENNIS

  • Good site you’ve got here.. It’s hard to find high quality writing like yours nowadays.
    I seriously appreciate people like you! Take care!!

    Stop by my web page cleaning

  • ( wat een ophoping van veevrlende dingen :( Sterkte! Wat een mooie foto ook trouwens van Dokter!Onze hond had twee jaar terug acute nierfalen.. heel zielig om te zien :( We hebben hem toen ook moeten laten inslapen :(

Leave a Reply