Yahoo Messenger: Download Paket Full Install

YM - Yahoo MessengerSuatu hari, Y!M yang terinstall di mendadak ‘error’, menyusul service Postgre yang nggak mau distart. Mau install ulang, tapi pengin mendownload full installer Y!M yang paling update. Kebetulan yang tersimpan di folder master versi 8.1.0.416 (udah cukup update sich :D ). Kalo googling biasanya dapetnya bukan versi yang terbaru. Sedangkan kalo dari situs Yahoo pasti dapet versi online installer. Dibawah ini ada tips gimana caranya mendownload Y!M full standalone install (3 dari beberapa cara)

1. Cara “Y”

Buka halaman Y!M dari situs official Yahoo. Klik Download Now.

Dapat dilihat URL download seperti berikut:

http://us.dl1.yimg.com/download..com/dl/msgr8/us/msgr8us.exe

Jika menggunakan firefox URL tersebut dapat diketahui dengan cara: buka window Downloads (Tool > Downloads). Klik kanan pada instaler Y!M yang barusan didownload, klik Propreties.

Copy URL download tersebut. Perhatikan bahwa instaler Y!M yang barusan didownload adalah msgr8us.exe. Ganti dengan ymsgr8us.exe, sehingga URL menjadi:

http://us.dl1.yimg.com/download.yahoo.com/dl/msgr8/us/ymsgr8us.exe

msgr8us.exe adalah paket untuk online install yang besarnya sekitar 400 KB. Sedangkan ymsgr8us.exe adalah paket instalasi full standalone. Cuman beda huruf ‘Y’ aja :D

2. Gunakan sembarang Proxy

Konfigurasi options dan masukkan ip proxy yang nggak benar-benar ada. Download online installer Y!M. Kemudian install. Saat step kedua muncul error saat installer nggak bisa terhubung ke Proxy.

error YM instalasi

Klik Yes akan membuka halaman browser dengan URL download full installer Y!M. Silakan download dengan URL tersebut:

http://download.yahoo.com/dl/msgr8/us/ymsgr8us.exe

3. Copy dari folder instalasi

Cara yang ini butuh gerakan tangan yang cepat :p. Setelah download instaler online Y!M yang berukuran 400 KB, jalankan installer seprti biasa. Biarkan proses install berjalan seperti biasa, buka folder %programfiles%\Yahoo!\Installs dari RUN. Biarkan folder terbuka, kembali ke proses install. Tunggu sampai langkah instalasi Installing Yahoo! Messenger anda akan menemukan file ymsgr8us.exe di folder yang tadi dibuka. Segera copy file tersebut ke folder lain, karena setelah proses instalasi otomatis file tersebut akan dihapus :D

UPDATE:

Pada prinsipnya YM versi 9 bisa juga diterapkan trik yang sama. Tapi karena saya masih nyaman dengan YM versi 8 terutama karena tampilannya yang lebih simple :p jadi agak males update-nya disini. Tapi untuk urusan download-mendownload YM versi berapapun maupun software apapun, lebih enak klik aja di filehippo.com ;)

49 Responses to “Yahoo Messenger: Download Paket Full Install”


Leave a Reply