Hati-hati, suspect penipuan lewat YM!

Sungguh… tidak berperasaan… teganya mau nipu orang yang lagi kesepian dirumah.. ditinggal anak istri nun jauh disana…

di hari pertama home alone lagi…

Modusnya sederhana… pelaku mendapatkan id dan password akun ! dan kayaknya juga facebooknya. Kemudian menyapa semua kontak YM dengan cara broadcast (atau mungkin manual one by one). Trus terjadilah per-chit-chat-an yang aneh dan kaku. Sebenarnya saya lagi males nanggepin… sebab kebetulan sedang berusaha membunuh rasa sepi…!

Berikut cuplikannya

ym-penipu

(3:41:42 PM) YM TERBAJAK: Lg dmana
(3:41:57 PM) YM TERBAJAK: Lg dmaana
(3:42:03 PM) YM TERBAJAK: Lg dmana
(3:42:09 PM) hafidz: dirumah
(3:42:33 PM) YM TERBAJAK: Mnt tlng bentar bisa
(3:42:44 PM) hafidz: gmn bos
(3:43:44 PM) YM TERBAJAK: Punya rek bni/bca/mandiri?
(3:44:52 PM) hafidz: ada mandiri
(3:45:07 PM) YM TERBAJAK: Bisa tolong bantu transferin duit ke tmn dulu ga? Tar jam 6 sore baru g transfer balikin,bisa?
(3:46:18 PM) hafidz: brp bos
(3:47:08 PM) YM TERBAJAK: 4.2jt
(3:48:08 PM) hafidz: ntar tak cek dulu cukup ngga
(3:48:12 PM) hafidz: transfer kemana?
(3:48:49 PM) YM TERBAJAK: BNI
(3:48:54 PM) YM TERBAJAK: Tlng dulu ya
(3:50:12 PM) hafidz: waduh kalo BNI ga punya bos
(3:50:20 PM) hafidz: nomernya berapa?
(3:50:33 PM) YM TERBAJAK: Adanya
(3:50:39 PM) YM TERBAJAK: Dari mandiri ke BNI kan bisa
(3:50:42 PM) YM TERBAJAK: Sesama atm bersama
(3:50:50 PM) hafidz: ya ntar tak coba
(3:50:55 PM) hafidz: no rekeningnya?
(3:50:57 PM) YM TERBAJAK: Ok
(3:51:00 PM) YM TERBAJAK: Tolong yo
(3:51:13 PM) YM TERBAJAK: BNI- 02.1111.2886 a/n Arwinda Irma, Kode Bank BNI : 009
(3:52:40 PM) hafidz: kalo duitnya gak ada segitu gmn bos
(3:53:35 PM) YM TERBAJAK: Ada brapa transfer aja dulu
(3:53:45 PM) YM TERBAJAK: Biar sisanya jam 6 sekalian gw yg transfer
(4:13:37 PM) YM TERBAJAK: Uda
(4:15:53 PM) hafidz: blm bos gw coba2 dari ibanking blm bisa.. ntar mau ke atm
(4:16:05 PM) hafidz: rekening cabang mana ya?
(4:16:12 PM) YM TERBAJAK: I banking kan bisa
(4:16:18 PM) YM TERBAJAK: Jakarta
(4:16:37 PM) YM TERBAJAK: Rtgs
(4:17:01 PM) hafidz: ga realtim kayaknya
(4:17:08 PM) hafidz: realtime
(4:17:21 PM) YM TERBAJAK: Jam brp ke atm
(4:17:29 PM) YM TERBAJAK: Kalau uda kirim sms tmn gw ya
(4:17:41 PM) YM TERBAJAK: 06175120363
(4:32:39 PM) YM TERBAJAK: Da ke atm
(4:58:49 PM) YM TERBAJAK: Kok ga balas
(4:58:50 PM) YM TERBAJAK has buzzed you!

Silahkan dicatat nomer telepon dan nomer rekening yang digunakan. Entah itu nomer rekening dan nomer telepon pelaku atau bukan….

Anehnya… sampai detik tulisan ini diturunkan si pelaku masih berharap saldo rekeningnya bertambah. Tanpa curiga sedikit pun kalo saya sebenernya gak bakalan mau transfer. Pemilik ID YM! yang sebenernya juga sudah konfirmasi ID-nya telah dibajak.

Tapi Alhamdullilah saya hanya menjadi calon korban saja, dan juga teman yang lain (terkonfirmasi dihubungi pelaku suspect , walaupun jumlahnya lebih sedikit, “cuman” 2,5juta). Dan semoga tidak ada yang jadi korban beneran… amin…

…. Kata-kata terakhir penipunya bikin geram aja…

Moral cerita

  • Beri perhatian lebih pada pengamanan account Anda. Karena yang dirugikan nantinya tidak hanya Anda, tapi juga teman2 Anda
  • Gunakan strong password, security question yang nyleneh, dll (kebetulan case kali ini akun YM yang dibajak menggunakan security question yang sederhana dan jawaban jujur yang mudah ditebak)
  • Jangan mudah terpancing jika menerima pesan2 yang berbau penipuan… Hadapi dengan kepala dingin dan hati yang tenang  :D
  • Segera konfirmasi pemilik akun YM yang sebenarnya, agar segera bisa mengambil alih kembali akun yang terbajak. Dengan catatan si pembajak belum melakukan perubahan pada akunnya (misal password atau security question, dll)
  • Selain itu, segera membroadcast info pembajakan agar tidak ada yang menjadi korban penipuan
  • Kayaknya pelaku kali ini cukup amatir

5 Responses to “Hati-hati, suspect penipuan lewat YM!”


  • Untung saja sekarang orang sudah mulai hati2 Mas…
    Tapi ya gitu…
    Dari puluhan orang pasti ada salah satu yang kena juga
    Modusnya juga aneh2.
    Teman saya juga hampir kena
    Tapi via telpon
    Si penelpon bilang kalau anaknya teman saya kecelakaan diluar kota dan harus operasi secepatnya.
    Si penelepon kayaknya lakukan survey lebih dahulu.
    Terbukti sebelum nelpon teman saya, anak teman saya yg dikabarkan kecelakaan itu sudah ditelpon duluan agar HP nya dimatikan dengan dalih akan ada razia dan ditengarai dia terlibat kasus narkoba. Jadi seolah telpon itu datang dari aparat. Karena takut, maka anak teman saya itu matikan HPnya.
    Dan mulailah si penipu itu menghubungi orang tua si anak, ya teman saya tadi

  • Tks Pak infonya… kalo modus diatas sih penipunya sudah lebih smart :d pernah baca modus yang sama persis kayak gini di suatu milis.
    Cuma kalo ngga salah yang diceritakan dimilis si pelaku berhasil menipu korban

  • bos ane juga pernah ketipu pulsa id nya lina_sinty4 id ini penipu

  • lina_sinty4 ym penipu….broadcast

Leave a Reply