Monthly Archive for February, 2007

Dynamips : Emulator Cisco 7200 di PC/Laptop

dynamips topology by IEmentor

Mungkin ada yang belum tahu,
merupakan emulator router buatan Christophe Fillot. Sampai sekarang Dynamips mampu menjalankan beberapa platform Cisco, diantaranya 2691, 3620, 3640, 3660, 3725, 3745, and 7206. Dan menjalankan IOS images yang biasa digunakan pada hardware Cisco.

dynamips server

Continue reading ‘Dynamips : Emulator Cisco 7200 di PC/Laptop’

Kring SLJJ

Nomor StarOne Semarang sekarang udah bisa kring ke PSTN SLJJ. Setelah sebelumnya baru bisa PSTN lokal, sekarang Starone area Semarang udah bisa kring ke semua operator dan semua area. Kita tunggu aja kedatangan operator-operator baru di Semarang seperti Ceria, Esia dan mungkin juga Hutchinson.

Persiapan CCNP sudah dimulai

Ternyata nggak semudah CCNA… :( Dua hari muter otak, mbolak-mbalik file Material CCNP belum nemuin cara yang pas buat menguasai materi. Yang jelas aku masih terlalu bodoh :( buat sebuah CCNP. Terlalu dini kalo aku langsung coba soal-soal tes dari P4s. Sekali coba langsung next, next, next… gaada soal yang kejawab, langsung balik ke soal-soal berikutnya :D

Beda dengan CCNA 640-801 yang bisa didapet hanya sekali exam, untuk bisa mendapatkan yang namanya CCNP harus ngambil 4 kali ujian terpisah. Dengan kata laen biayanya juga 4 kali lebih berat :D

Jadi exam apa aja yang harus diambil untuk sebuah CCNP? Nggak laen dan nggak bukan:

1. Building Scalable Internetworks (BSCI) 642-901

2. Building Cisco Multilayer Switched Networks (BCMSN) 642-812

3. Implementing Secure Converged Wide Area Networks (ISCW) 642-825

4. Optimizing Converged Cisco Networks (ONT) 642-845

Yang jelas, modul-modul BSCI 642-801, BCRAN (Building Cisco Remote Access Networks) 642-821, Cisco Internetwork Troubleshooting (CIT) 642-831 udah obsolete semua. Untuk urutan exam, terserah selera Anda, tp mungkin sebaiknya sesuai urutan di atas. Dan materi yang paling banyak harus dipelajari adalah BSCI.

Continue reading ‘Persiapan CCNP sudah dimulai’

Start to CCNP Preparations?

Kalo sudah dapet sertifikat CCNA, trus what’s next?

CCNA bukan buat ajang pamer atau unjuk diri. Buat aku CCNA cuman buat pemacu aja, nggak ada artinya kalo nggak punya kemampuan yang sebenernya. Walau bagaimana pun juga, experience is the best teacher. Sedangkan aku yang sekarang nggak bakalan dapet pengalaman baru di dunia per--an. Ya sukur-sukur CCNA yang baru aku dapet bisa memotivasi diri lah… Dan semua mesti ada hikmahnya… :)

dedi: after ccna, what’s next?

Continue reading ‘Start to CCNP Preparations?’

Nyicil!

nyicil perlengkapan bayi

Continue reading ‘Nyicil!’