Archive for the 'links' Category

Pendekin URL sependek-pendeknya!

Logo tr.im Sebuah catatan kecil mengenai short URL redirection services, atau dalam bahasa ibu: fasilitas memendekin URL yang sebelumnya panjang-panjang.

1. Dari deskripsi singkat diatas sudah jelas kan arah dan tujuan judul tulisan kali ini? Contoh riilnya seperti ini.

a) URL aseli: http://blog.hafidz.web.id/2009/06/10/netbook-advan-vanbook-alnect-komputer/
b) Setelah dipendekin: http://tr.im/oeI2

Continue reading ‘Pendekin URL sependek-pendeknya!’

Filecrop – search engine untuk rapidshare

Ngga sengaja nemuin tool search engine ini waktu iseng lihat-lihat daftar situs referrer blog ini. Ternyata salah satu halaman blog saya yang berisi Cisco IOS tampil disitu *duh :D

Tool search engine yang bertajuk Filecrop dilihat dari keterangan situsnya sih berguna buat cari file-file yang tersimpan dibeberapa situs filehosting macam atau Megaupload. Tapi apa tool ini memang efektif…?

filecrop

Sepintas, search engine ini kayaknya asyik juga, test sebentar menggunakan menggunakan beberapa kata kunci langsung menunjukkan beberapa potensi positif. Waktu query yang sangat singkat dengan hasil yang akurat, dan tampilan yang simple membuat Filecrop menjadi search engine yang bermutu, setidaknya menurut saya. Berbagai judul file yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan langsung tampil, baik itu berekstensi RAR, ZIP, CHM, , BIN, MP3, dan seterusnya :D

Pengujian subjektif beberapa search engine menggunakan satu frasa “Cisco IOS” antara Filecrop, Rapidlibrary, Filez, Megarapidsearch, Rapid4shared menunjukkan hasil bahwa Filecrop yang terbaik. Karena tampilannya yang ringkas.

Patut dicoba:
rapidshare-search-engine.com
rapidlibrary.com
megarapidsearch.com
avilib.com
rapid4shared.com
filez.com *not recommended :p
Daftar search engine lebih lengkap:
google.co.id

*Maap posting basbang ^^

Berlangganan koran di komputer

Pengin bagi-bagi tips ringan nich… Bagaimana sih caranya berlangganan koran yang bisa langsung dikirim ke komputer, setiap pagi? Cerita awalnya sih karena sedang bosen aja baca koran online via , salah satu layanan web-based yang biasa saya gunakan. Karena tampilannya terkesan ‘rata’, beda dengan tampilan layout Koran pada umunya. Mulailah coba-coba baca berita melalui , sebuah layanan harian semacam dan Jawa Pos yang memperbolehkan anda membaca berita dengan layout yang sama persis seperti koran versi cetak. Umumnya EPaper berbentuk file dalam format ..

Continue reading ‘Berlangganan koran di komputer’

GNS3: Makin Asyik Aja…

Kalaupun ada temen-temen yang belum tau apa itu , bisa cek sendiri homesitenya. Saya sendiri dulu pertama tau dari aldedi (tks boss :D ). Tapi sejak itu nggak pernah catet-catet di blog about this stuff. Ya… secara gak nyempetin diri bikin simulasi WAN pake GNS3. Terakhir iseng-iseng bikin simulasi WAN ya pake dynamips/dynagen. Langsung to the topic aja ya…

GNS3 (graphical network simulator) pada dasarnya nggak beda ma yang dulu pernah saya bahas. Bedanya: , dynagen, winpcap sudah diramu jadi satu dengan tampilan GUI yang memanjakan hehehe …. :D Ditambah lagi, untuk rilis yang terakhir ini (GNS3 0.5) sudah dibundle dengan Pemu (Pix Emulator). Plus kelebihan-kelebihan lainnya. (Terakhir pake GNS 0.3x beta)

GNS3 vs “dynamips/dynagen konvensional”

Apa sih asyiknya pake GNS3 dibanding dynagen “konvensional” :D

1. Yang pertama jelas kemudahannya dalam membuat topologi jaringan. Kalo sebelumnya menggunakan dynagen kita harus bikin secara manual di file networknya (*.net). Bikin parameter router1, router 2, bikin koneksinya, nilai idlepc, dst dst. Pakai GNS3 jelas alurnya dibalik. Dengan tampilan grafis, yang perlu dilakukan tinggal menarik type perangkat / router dari Dock Nodes Types di sisi kiri tampilan. Setelah topologi jaringan terbentuk, tinggal klik icon Save network file, otomatis tersimpan file *.net di direktori kerja GNS3. Jika Router virtual sudah dikonfigurasi, file konfigurasi *.cfg nya juga otomatis tersimpan di direktori config.

2. Mudah dalam instalasi dan setup konfigurasi. Sudah jelas, secara tampilan sudah grafis, ditambah bundle dengan Pemu. Tinggal klik n browse :D

3. Yang ketiga dan seterusnya merupakan efek lanjutan dari nomer 1 dan 2 diatas :D Contohnya dalam menentukan nilai idlepc. Tinggal klik kanan router virtual, lalu pilih Idle PC. Otomatis GNS3 akan menghitungnya untuk anda. Kayaknya fitur klik kanan Idle PC ini belum ada di GNS3 versi 0.3x. Contoh lainnya untuk mengkonfigurasi memory, slot dll, tinggal klik kanan router virtual, lalu klik Configure.

Selain itu topologi yang kita buat bisa langsung di export dalam bantu gambar (JPEG, PNG, BMP, XPM)

Walaupun, masih tetap tersedia console dynagen (di bagian bawah tampilan gambar topologi), bagi yang lebih suka menggunakan command text mode.

Posting pertama pake Windows Live Writer :)

Yahoo Messenger: Download Paket Full Install

YM - Yahoo MessengerSuatu hari, Y!M yang terinstall di mendadak ‘error’, menyusul service Postgre yang nggak mau distart. Mau install ulang, tapi pengin mendownload full installer Y!M yang paling update. Kebetulan yang tersimpan di folder master versi 8.1.0.416 (udah cukup update sich :D ). Kalo googling biasanya dapetnya bukan versi yang terbaru. Sedangkan kalo dari situs Yahoo pasti dapet versi online installer. Dibawah ini ada tips gimana caranya mendownload Y!M full standalone install (3 dari beberapa cara)

1. Cara “Y”

Buka halaman download Y!M dari situs official Yahoo. Klik Download Now.

Dapat dilihat URL download seperti berikut:

http://us.dl1.yimg.com/download..com/dl/msgr8/us/msgr8us.exe

Jika menggunakan URL tersebut dapat diketahui dengan cara: buka window Downloads (Tool > Downloads). Klik kanan pada instaler Y!M yang barusan didownload, klik Propreties.

Copy URL download tersebut. Perhatikan bahwa instaler Y!M yang barusan didownload adalah msgr8us.exe. Ganti dengan ymsgr8us.exe, sehingga URL menjadi:

http://us.dl1.yimg.com/download.yahoo.com/dl/msgr8/us/ymsgr8us.exe

msgr8us.exe adalah paket untuk online install yang besarnya sekitar 400 KB. Sedangkan ymsgr8us.exe adalah paket instalasi full standalone. Cuman beda huruf ‘Y’ aja :D

Continue reading ‘Yahoo Messenger: Download Paket Full Install’