Archive for the 'windows' Category

Page 2 of 7

Antara Office 2003 dan 2007: program default

Microsoft Office 2007 - Gambar adalah milik Microsoft Judule emang agak mbulet lan mbingungi. Hehehe… rak popo yo, mangsute ngene ki lho. Sudah diedit, jadi semoga judul yang ini lebih baik :D .*Bismillah* Di sistem terinstal dua versi MS : 2003 dan 2007. Karena 2007 diinstal belakangan, jadi setiap dobel klik dokumen, versi yang terbuka itu 2007. Padahal kite-kite pingin yang jadi default itu ya 2003.

And the story begins…

Beberapa bulan terakhir ini memang saya terpaksa menginstal Microsoft Office Excel 2007 melengkapi Office 2003 saya *kebetulan ada sertifikat lisensinya koq :p*.

Sebelumnya sih saya sempat menginstal office compatibility pack dari situsnya Microsoft. Lumayan buat buka dokumen yang nggak sengaja disimpan kedalam format openxml. Tapi ini masalah lain, akhirnya saya terpaksa menginstal Office 2007 (cuman Excel-nya doank) karena membutuhkan fitur yang dimilikinya.

Continue reading ‘Antara Office 2003 dan 2007: program default’

How to fix CD-DVD drive error (Code 19)

Bagaimana jika saat anda mau membuka kepingan malah menemui label drive anda di lenyap? Pernahkah anda mengalami? saya pernah, baruuu aja kemarin. Spontan saya langsung membuka , dan ternyata ada tampilan error disana. DVD-RAM saya ada tanda pentungnya. Melihat kedalam properties, muncul notifikasi error seperti ini:

cannot start this hardware device because its configuration information (in the ) is incomplete or damaged. (Code 19)

CD/DVD Drive error code 19CD/DVD Drive error code 19

Continue reading ‘How to fix CD-DVD drive error (Code 19)’

Desktop Search: Perbandingan WDS dan Copernic

Sekedar ingin berbagi pengalaman menggunakan dua berikut: () dan .

/Prolog

Pertama mengenal adalah saat pertama kali dirilisnya tahun 2004. Waktu itu belum ada sedikit pun keinginan menggunakan aplikasi desktop untuk mempercepat pencarian dokumen-dokumen dan segala sesuatu di harddisk lokal. Maklum, kebutuhan saat itu belum cukup memaksa saya untuk menggunakannya. Ditambah lagi masih adanya masalah privasi dan kurangnya kontrol pengaturan indeks, dan juga rasa sayang jika harus memangkas sekian persen dari resources komputer yang tentunya sedikit banyak akan mengganggu kinerja maupun kapasitas harddisk komputer.

Seiring berjalannya waktu, mulai bermunculan pesaing-pesaing yang menawarkan kustomisasi dan fitur yang lebih baik. Kebutuhan saat ini pun sudah cukup menggelitik saya untuk ikut mencobanya.

Setelah sebelumnya mencari review dan perbandingan di . Dan menimbang untung-rugi beberapa aplikasi , pilihan akhirnya mengerucut pada dua nama: dan .

Alasan menggunakan CDS karena selalu mendapat review terbaik dibanding yang lainnya. Sedangkan WDS: karena Google masih belum lebih baik. Setidaknya menurut beberapa review yang saya baca.

Continue reading ‘Desktop Search: Perbandingan WDS dan Copernic’

Berlangganan koran di komputer

Pengin bagi-bagi tips ringan nich… Bagaimana sih caranya berlangganan koran yang bisa langsung dikirim ke komputer, setiap pagi? Cerita awalnya sih karena sedang bosen aja baca koran online via , salah satu layanan web-based yang biasa saya gunakan. Karena tampilannya terkesan ‘rata’, beda dengan tampilan layout Koran pada umunya. Mulailah coba-coba baca berita melalui , sebuah layanan harian semacam dan Jawa Pos yang memperbolehkan anda membaca berita dengan layout yang sama persis seperti koran versi cetak. Umumnya berbentuk file dalam format ..

Continue reading ‘Berlangganan koran di komputer’

Upgrade Cacti

Niat ingsun meng-import template dari forums..net, keinginan tersebut terpaksa harus ditunda sebentar. Karena ada note “because currently it is not possible to import templates to 0.8.6.x (only 0.8.7)”. Ya daripada ntar kerja dua kali, mending sekalian aja diupgrade dulu deh.

Catatan singkat upgrade cacti dari versi 0.8.6j ke versi 0.8.7d ini sebenarnya tidak berbeda dengan yang ada . Bedanya ini lebih mudah, karena Cacti diinstal di mesin . Inti dari upgrade cacti seperti upgrade aplikasi-aplikasi web lainnya: backup database (optional), update direktori Cacti itu sendiri, copy kembali file-file script,template, dan data dari direktori Cacti yang lama, penyesuaian kembali database via web browser.

Berikut langkah-langkah upgrade Cacti under Windows

#1 versi terakhir di

#2 Backup database mysql Cacti

mysqldump -u root -p cacti > cactibackup.sql

#3 Backup folder cacti yang lama, misal menjadi cacti_old

#4 Ekstrak rilis terakhir Cacti yang sudah didownload, dan rename sesuai dengan nama folder cacti yang lama, misal cacti

#5 Sesuaikan konfigurasi koneksi database pada file include/config.

$database_type = “mysql”;
$database_default = “cacti”;
$database_hostname = “localhost”;
$database_username = “cactiuser”;
$database_password = “cacti”;

#6 Salin file *.rrd yang tersimpan di cacti_old/rra/ di folder cacti yang baru cacti/rra/

#7 Salin beberapa script dari Cacti lama cacti_old/scripts/ ke Cacti baru cacti/scripts/. Pastikan tidak menumpuk file script yang sudah tersedia di Cacti baru dengan versi yang lebih baru. Karena biasanya ada perubahan pada setiap rilis Cacti. (Untuk hal ini kayaknya labih mudah dilakukan di )

#8 Salin file XML dari Cacti lama cacti_old/resource/ ke Cacti baru cacti_old/resource/. Pastikan tidak menumpuk file yang sudah tersedia di Cacti baru. Karena biasanya ada perubahan pada setiap rilis Cacti.

#9 Browse alamat Cacti untuk penyesuaian database dan konfigurasi. Kali ini yang perlu dilakukan adalah klik ‘next’ dan ‘next’.

http://server-anda/cacti

Continue reading ‘Upgrade Cacti’