Monthly Archive for June, 2009

Antara Windows Desktop Search (WDS) dan Search Companion: set default

Windows Desktop Search (WDS) menurut saya salah satu tools yang cukup powerfull di lingkungan XP *yep saya masih pake wenduz ekspi* untuk mencari-cari sesuatu dengan cepat, tepat, dan akurat. Terutama di dalam tumpukan ribuan file dan email. Setidaknya lebih ringan dan cepat ketimbang Copernic. Sayang saya belum nyempetin nyoba Yahoo Desktop Search — kayaknya oke juga tuch YDS.

Continue reading ‘Antara Windows Desktop Search (WDS) dan Search Companion: set default’

Hati-hati penipuan SMS dengan modus Pesan Suara

Langsung hajar saja deh ke topiknya ya… Saya ternyata sudah kebagian ini dua kali, tiga hari yang lalu. Walaupun nggak ketipu *Alhamdulillah, walau bagaimanapun juga kita nggak boleh sombong lho*, mending tetep saya share saja, biar sampeyan gak ketipu nantinya. o’ raittt?! [superemotions file="icon_exclaim.gif" title="Exclaimaition Mark"]

Tulisan yang terlihat dari layar HP saya kira-kira seperti ini:

From:
+6285656139114
Anda mempunyai (1) dari +6285656139114 Untuk mendengar ketik: TP (spasi) 085656139114 (spasi) 12301 kirim’ke: 151
2x(GRATIS)

Continue reading ‘Hati-hati penipuan SMS dengan modus Pesan Suara’

Menemukan user Flickr dan ukuran gambar original dari permalink gambar Flickr

Nggak kerasa salah satu akun gratisan saya sudah hampir habis. Sembari siap-siap bikin akun baru dari email eksisting Yahoo, saya ingin berbagi sedikit tips tentang ini.

Kalo dilihat-lihat, gambar-gambar di postingan blog ini banyak yang dihostingkan di Flickr. Walaupun bukan gambar foto hasil jepretan saya pribadi, tapi hanyalah gambar skrinsyut hasil capture (tangkapan) layar komputer. Ataupun gambar logo-logo saja. Kenapa pakai Flickr? Yang pertama biar hemat bandwidth tentunya. Kalau semuanya diupload di hostingan yang sama dengan blog ini bisa-bisa kuota bandwidth saya lebih cepat habis donk. Alasan lain, Flickr ini yang relatif cepat menurut saya. Walaupun belum pernah melakukan tes secara teknis, tapi naluri pria saya menyatakan demikian hehehe… Selain itu, mengatur gambar di Flickr lebih mudah dibanding dengan image gambar yang lainnya.

Continue reading ‘Menemukan user Flickr dan ukuran gambar original dari permalink gambar Flickr’

Ganti-ganti kulit

Wordpress LogoTerhitung dua bulan ini blog saya sudah upgrade dua kali. Pertama bulan Mei lalu (kalo nggak salah, kalo salah berarti ya bulan April) sudah upgrade dari versi 2 titik sekian (entah berapa saya lupa) menjadi 2.7.1. Seperti biasa, upgrade dilakukan secara manual. Upgrade kedua, dari 2.7.1 menjadi 2.8 telah sukses dilakukan tanggal 11 Juni 2009. Di hari yang sama saya mendapat notifikasi upgrade di dashboard .

Cerita dikit ah… Proses upgrade berjalan cukup lancar walaupun ada sedikit gangguan *yang membuat jadi ngga lancar hehehe*. Setelah diiming-iming review singkat segelintir blog yang melakukan upgrade otomatis, plus tanpa backup database – berhasil dengan sukses dalam hitungan menit. Saya pun ikut mencobanya. Dan ternyata proses upgrade memang berjalan sangat singkat, tapi – tetep ada tapinya lho – prosesnya nggak mandeg-mandeg :(

Continue reading ‘Ganti-ganti kulit’

Pendekin URL sependek-pendeknya!

Logo tr.im Sebuah catatan kecil mengenai short URL redirection services, atau dalam bahasa ibu: fasilitas memendekin URL yang sebelumnya panjang-panjang.

1. Dari deskripsi singkat diatas sudah jelas kan arah dan tujuan judul tulisan kali ini? Contoh riilnya seperti ini.

a) URL aseli: http://blog.hafidz.web.id/2009/06/10/netbook-advan-vanbook-alnect-komputer/
b) Setelah dipendekin: http://tr.im/oeI2

Continue reading ‘Pendekin URL sependek-pendeknya!’